Ikan piranha yakni salah satu ikan predator yang ditakuti manusia

ikan ini mempunyai gigi yang tajam dan amat mematikan.sebenar nya ikan piranha ini yaitu omnivore.yaotu hewan pemakan daging dan tumbuhan.tetapi mungkin ikan piranha lebih diketahui dengan pemakan daging karena mempunyai gigi yang tajam.ikan piranha ini banyak terdapat di amerika selatan merupakan sungai amazon.sungai amazon ialah daerah dimana ikan piranha berkumpul,hal ini membikin orang yang melintasi sungai amozon merasa cemas dan was-was,sebab gigitan dari ikan piranha ini bisa menyisakan tulang.

Fakta dari ikan piranha yakni ada pada gigi nya,tiap gigi ikan piranha yang patah karenanya akan tumbuh kembali seperti semula.oleh sebab itu ikan piranha tetap memiliki gigi yang tajam.Sebenarnya piranha cenderung memakan moluska, serangga, burung, kadal, dan bangkai binatang lain, ketimbang daging. Piranha tidak berwarna cokelat, mereka mempunyai warna yang bermacam dan bercorak.Kuning ke hijau, biru ke abu-abu, dan kadang-kadang malahan merah.

Sebuah studi di tahun 2007 memperlihatkan bahwa spesies genera piranha modern ini menyimpang dari nenek moyangnya sekitar 9 juta tahun yang lalu. Selain itu, Samudra Atlantik naik sekitar 5 juta tahun yang lalu, dan menjadi dataran amerika selatan ketika ini.

Genetik menampilkan bahwa piranha yang hidup di atas 100 meter di Amazon baru sekitar 3 juta tahun. Sebagian orang menceritakan ikan piranha ini lebih mirip ikan bawal,namun itu mungkin hanya penglihatan sekilas saja,pedahal tak loh,ikan ini sangat jauh berbeda kalau dilihat dengan benar,dari mulut nya hingga gigi nya,apalagi sisi bengis nya. 30 spesies ikan piranha mendiami danau dan sungai Amerika Selatan. Bukti fosil menunjukkan nenek moyang piranha telah ada 25 juta tahun yang lalu di perairan amerika selatan ini. Melainkan penelitian lain menunjukan apabila genera piranha modern hanya sekitar 1,8 juta tahun. Sebuah studi tahun 1972 seputar piranha menemukan bahwa ikan ini paling acap kali menyerang ikan mas di laboratorium yang diawali dengan ekor atau mata mangsanya. Para peneliti menyimpulkan bahwa taktik serangan semacam itu akan secara tepat sasaran melumpuhkan lawan-lawan piranha dan rupanya berguna untuk bertahan hidup.

sumber: ikan piranha dan fakta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *